Sekapur Sirih

Selamat Datang di blog Neraca Wilayah dan Analisis Statistik -BPS Provinsi Jambi: blog info makro Provinsi Jambi terkini.

16 March 2009

Kesenjangan Pendapatan di Provinsi Jambi



Perbedaan sumber daya alam, sumber daya manusia serta kondisi infrastruktur antar wilayah menyebabkan terjadinya kesenjangan (disparitas) pembangunan. Salah satu alat untuk menganalisis tingkat ketimpangan ekonomi adalah Indeks Williamson atau Coefficient of Variation Williamson (CVw). Nilai Indeks Williamson berada antara 0 dan 1. Jika nilai Indeks Williamson mendekati nol, maka tingkat pemerataan di Propinsi Jambi adalah baik, dengan kata lain tidak terjadi ketimpangan antar kabupaten/kota. Sebaliknya jika nilai Indeks Williamson mendekati nilai satu, maka tingkat ketimpangan atau disparitas regional di Propinsi Jambi semakin memburuk.


Hasil penghitungan koefisien varians tertimbang Williamson untuk Provinsi Jambi selama periode 2004 sampai 2007 menunjukkan kecendrungan menurun. Nilai CVw pada tahun 2004 mencapai 0,505 dan turun drastis menjadi 0,398 pada tahun 2005 ; dan 0,358 pada tahun 2007. Besaran Indeks yang mendekati 0 menunjukkan bahwa kesenjangan pendapatan antar daerah (kabupaten/kota) di Provinsi Jambi semakin rendah. Dengan kata lain, hasil pembangunan (yang tercermin dalam PDRB perkapita) dinikmati secara cukup merata dalam ruang lingkup Provinsi Jambi.


Keterangan: Data yang digunakan adalah PDRB Perkapita (dengan migas) Kabupaten/Kota dan Provinsi Jambi Periode 2004-2007. CVw akan menunjukkan hasil yang berbeda bila data yang digunakan adalah PDRB Per kapita tanpa migas.

1 comment:

  1. Mengukur ketimpangan pendapatan Provinsi Jambi dengan data SUSENAS 07 dengan indeks gini ratio klik link ini http://www.neracabatanghari.com/gini-ratio-jambi.htm

    ReplyDelete